Jumat, 29 Oktober 2010

Tips Memilih Asuransi

Mendapat kepastian untuk masa depan mungkin adalah dambaan banyak orang, entah itu kepastian keuangan, kepastian karir, kepastian masa depan ataupun kepastian kesehatan. Nah, biasanya untuk mendapat kepastian itu orang banyak menggunakan yang namanya asuransi. Dimana mereka mengasuransikan, mungkin rumahnya, kesehatannya ataupun pendidikan sang buah hati dengan cara membayar premi rutin. Sebenarnya konsep dasar asuransi menggabungkan antara sistem tabungan dengan investasi. Mengapa tabungan, karena ada besaran nilai yang harus disetor tiap bulan / tahun dan terus ditumpuk. Mengapa investasi, karena uang yang disetor tiap bulan / tahun tersebut tidak dapat semerta-merta dicairkan begitu saja. Biasanya ada jangka waktu dan itu cukup panjang, yang mengakibatkan pada akhir jangka waktu nanti, total uang yang bisa diperoleh pun cukup besar. Itu tadi sekilas penjelasan mengenai asuransi.
Nah, sekarang ini begitu banyak pilihan asuransi beredar di masyarakat. Berikut akan saya sampaikan beberapa tips memilih asuransi yang baik.

  1. Dasar dalam memilih sebuah asuransi yang baik atau tidak adalah kemudahannya dalam mengajukan klaim. Tanya-tanyalah rekan atau saudara yang sudah memakai jasa asuransi suatu perusahaan, apakah pada saat mengklaim mudah atau sering dipersulit.
  2. Pilih asuransi dengan background perusahaan yang kuat dan kalau bisa yang sudah lama berdiri. Sejarahnya jelas dan memiliki aset yang cukup besar dan sehat. Ingat, aset perusahaan asuransi yang akan anda ikuti harus sehat, karena kalau besar saja namun tidak sehat juga berbahaya.
  3. Pilih asuransi yang agennya benar-benar memiliki komitmen untuk mendampingi anda dalam menempuh jangka waktu yang ada. Bukan sekedar agen yang begitu dapat closing sales langsung tidak memperdulikan klien.
  4. Pilihlah program asuransi yang benar-benar cocok dengan kebutuhan anda dan sesuaikan dengan kemampuan bayar preminya. Ingat, bahwa asuransi bersifat seperti tabungan, yang artinya anda harus menyiapkan sejumlah dana setiap bulan / tahun untuk membayar premi. Dan jangan berpikir bahwa asuransi adalah murni tabungan. Asuransi adalah gabungan antara tabungan dan investasi, sehingga dana yang anda tumpuk tidak bisa begitu saja anda ambil.
  5. Beberapa asuransi yang harus anda ikuti mungkin adalah asuransi kesehatan, pendidikan anak dan perlindungan properti.
Demikian tadi tips memilih asuransi yang baik, semoga ini membantu anda agar tidak bimbang dalam memilih asuransi.(Ganyos.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar